PENGALAMAN MENDAPATKAN TAWARAN GAJI 1,5 MILYAR/BULAN
PENGALAMAN MENDAPATKAN TAWARAN GAJI 1,5 MILYAR/BULAN

PENGALAMAN MENDAPATKAN TAWARAN GAJI 1,5 MILYAR/BULAN

Awalnya saya ingin mencoba pengalaman baru di Oil and Gas. Saking berhasratnya ingin memulai karir di dunia oil and gas, saya mencoba segala lowongan kerja di semua loker yang ada LinkedIn. Kemudian saya lanjut memfilter halaman pencarian menjadi only Oil and Gas dan akun yang difollow pun akun Oil and Gas.

Dengan berbekal pengalaman di Chemical Company di tiga posisi dalam satu perusahaan. Menjadi Production Operator, pernah. Menjadi Lab Analyst, pernah. Menjadi Quality Assurance Quality Control, pernah dan paling lama. Bahkan menjadi cleaning service dan maintenance operator pun pernah. Karena keterbatasan personil jadi perannya kita ambil alih.

Okay beralih ke masa sekarang. Sebenarnya ini Disclaimer dulu ya. Bukan memojokkan satu perusahaan tetapi ini justru kita menjadi waspada dan lebih hati-hati apalagi perusahaan besar. Karena pencari kerja yang mengincar perusahaan besar pun sebenarnya diincar sama oknum yang mengaku sebagai perusahaan besar. Padahal sebenarnya ia sedang melakukan FRAUD.

Tahu apa itu FRAUD? suatu kecurangan atau tindakan penipuan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih dalam rangka menguntungkan diri sendiri. Dalam bidang ekonomi, fraud seringkali dilakukan saat penulisan laporan keuangan.

Sederhananya FRAUD itu BERITA HOAX yang ujungnya adalah FRAUD itu biasanya menyuruh kita mentransfer sejumlah uang.

Apakah saya menjadi korban FRAUD? Hampir.

Apakah saya mau menyerang pelaku FRAUD? Tidak mau karena buat apa. Saya hanya ingin menceritakan kepada teman-teman pencari kerja yang sedang mencari pekerjaan yang lebih baik. Jangan mudah percaya ya guys.

Memang ciri-ciri dari FRAUD itu apa?

1. Disuruh mentransfer uang

Ini sangat jelas kalau ada pencari kerja yang meminta kita untuk mentransfer uang dengan alasan administrasi maka itu jelas PENIPUAN. Kalau yang populer saat saya sekarang adalah untuk administrasi visa kerja. Nilainya jutaan brother! So itu jelas FRAUD.

2. Alamat emailnya bukan corporate email.

Kalau dapat email yang bukan corporate email. Contohnya @halliburton.com @evonik.com @aramco itu jelas dari corporate. Kalau saya mendapatkan emailnya bukan gmail tapi dari hrhalliburton@engineer.com Haha pintar sekali ya mereka. Berarti kita harus lebih pintar brother!

Ini cerita saya yang hampir terkena FRAUD :

Ketika saya mendapatkan email dari Halliburton, saya sangat senang. Siapa sih yang mau berkarir di company yang besar dan sudah terkenal seperti Halliburton. Apalagi saya belum pernah mendapatkan pengalaman di Oil and Gas. Dan Halliburton memberikan kesempatan itu.  Oh Iā€™m on my way nih ini mah. Wkwk

Parahnya saya awalnya itu kurang teliti jadinya saya mengikuti proses rekrutmen itu.

Email 1 : Saya diminta untuk isi JOB APPLICATION FORM dan INTERVIEW LETTER.

Email 2 : Saya ternyata dinyatakan OK dan COCOK untuk gabung dengan tunjangan yang menggiurkan.

Email 3 : Saya diminta untuk menandatangani kontrak dengan nilai AUD 15,000 atau setara Rp 150.000.000,00 WOW 3 DIGIT untuk seorang FRESHNESS like me. Wkwk

Untung saya sudah mulai curiga. Btw bukan sombong ya, saya itu tahun lalu JUARA 1 JUARA MENULIS BLOG CITIZEN JOURNALISM dengan tema MENANGKAL HOAX. Kan gak lucu kalau saya yang juara lomba blog melawan hoax ternyata malah saya kena hoax. Hahaha

Email 4 : Saya mengirimkan email dengan menawar offer itu menjadi 10 kali lipat alias AUD 150.000 atau setara 1,5 Milyar Rupiah per bulan untuk sekelas FRESH di oil and gas. Sekali lagi FRESHNESS ya. Haha Kalau dia OK berarti benar-benar FAKE JOB.

Email 5 : Ternyata saya mendapatkan email YOUR MONTHLY SALARAY $150.000 WAS APPROVED. Terus bagaimana sikap saya? Ketawa puas lah. Karena benar saja perkiraan saya.

Habis itu udah gak saya lanjutin. Wkwkwk

Setelah saya teliti darimana pengguna email itu berasal, ternyata dia registrarnya berasal dari US. Yah, itu mah udah jelas pasti hoax kan ceritanya recruiternya dari Australia.

Saran saya jika kalian menemukan keraguan dalam proses rekrutmen, HEUREUYKEUN WE LAH. Becandain aja gak usah dianggap serius. Yang berita paling update mah pasti dari web aslinya. Sekarang kan rekrutmen via portal web company nya sendiri guys. Kalau enggak, pasti dari corporate email.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat. Hati-hati ya brother.

Selamat Berjuang Mendapatkan Pekerjaan Yang Baik.

Be Smart Not Be Hungry šŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *